Minggu, 28 Januari 2018

Khutbah Tema Ilmu Yang Bermanfaat


TUGAS UJIAN TENGAH SEMESTER

Nama               : Munasikhatul Bariroh                      

NPM               : 16.0401.0026

Mata kuliah     : Al Islam dan Kemuhammadiyahan

Tema               : Ilmu yang Bermanfaat



Khutbah 1

إنَّ الْحَمْدَ لِلّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ, وَنَعُوْذُ بِاللّهِ مِنْ شُرُوْرِأَنْفُسِنَا, وَمِنْ سَيِّأَتِ أَعْمَالِنَا, مَنْ يَهْدِهِ اللُّه فَلاَ مُضِّلَ لَهُ, وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ, أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللُّه وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ, وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًّاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ, اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى نَبِيِنَا مُحَمَّد وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَا بِهِ وَسَلَّمَ تَسْلِيْما كَثِيْرًا. أما بعد, فَيَا عِبَا دَ اللَّه أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِي بِتَقْوَ ى اللَّهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ, حَيْثُ يَقُوْلُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى فِىْ كِتَا بِهِالْكَرِيْمِ, " يَا أَيُهَا الَّذِينَ آمَنُوْا اتَّقُوْا اللّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُو تُنَّإِلاَّ وَأَنْتُمْ مُّسْلِمُونَ "

Jama’ah Jum’ah rohimakumullah,

            Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena hari ini kita dapat melaksanakan salah satu ibadah yang disyariatkan oleh Allah yaitu sholat jum’ah. Semoga ibadah kita ini menjadi bagian amal sholeh kita. Aamiin

            Selanjutnya saya mengajak diri saya sendiri dan segenap jama’ah marilah kita senantiasa meningkatkan taqwa kepada Allah memenuhi seruan Allah pada Surat Ali’Imron 102:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah dengan sebenar-benar taqwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama islam”.



Jama’ah Jum’ah rohimakumullah,

Allah berfirman pada Surat Al Mujadalah ayat 11:

يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan”.

Masalahnya sekarang:

1.      Ilmu yang macam apa yang menjadikan Allah mengangkat derajat ?

2.      Bagaimana kiat menuntut ilmu yang menuai Barakah ?



Jama’ah Jum’ah rohimakumullah,

            Adapun macam ilmu yang menjadikan Allah mengangkat derajat, ialah ilmu yang bermanfaat dan barokah. Ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang bisa membawa pemiliknya agar selalu taat kepada Allah swt, mengamalkan ilmu untuk kepentingan bangsa masyarakat, keluarga, dan pribadi khususnya.

Dari pengertian tadi maka segala ilmu yang tidak bisa mengajak pemiliknya untuk takut, tawadhu’ pada Allah swt, melainkan justru mengajak pemiliknya untuk durhaka kepada Allah swt, maka ilmu tersebut disebut ilmu yang tidak bermanfaat.

Berikut kiat-kiat menuntut ilmu yang barakah yang dikemukakan Dr. Anis Ahmad Karzun :

1.      Ikhlas, menuntut ilmu semata mengharap ridho Allah.

2.      Mengamalkan ilmu, menjauhi maksiat.

3.      Tawadhu’, tidak sombong dengan ilmunya, tidak sombong karena mungkin sudah tahu, atau tidak sombong kepada yang belum tahu; karena kesombongan hanya akan mengundang syetan.

4.      Hormatilah Ulama/Guru dan majlis ilmu.

5.      Bersabarlah, ilmu datang tidak serta merta, pemahaman mungkin datang dari sedikit; sangat diperlukan kesabaran.





Jama’ah Jum’ah rohimakumullah,

6.      Teruslah mencari.

a.       Bertanya adalah kunci ilmu, semakin rajin menuntut ilmu, semakin banyak yang kita tahu, bertanya (dengan tetap menggunakan etika yang baik) merupakan kunci menuntut ilmu.

b.      Rakuslah mendapatkan atau membaca buku.

7.      Jujur dan amanah.

a.       Kembali pada kebenaran ketika salah.

b.      Menjauhi kecurangan dalam ujian dan karya ilmiah.

8.      Sebarkan dan ajarkan, sebagai cara menjaga dan mengamalkan ilmu hendaklah kita mau mengajarkan atau menyampaikan kepada orang lain dan menjaga kwalitas ilmu dari orang yang bodoh (orang yang tahu ilmunya tetapi tidak mau mengamalkannya)

9.      Zuhud terhadap dunia, keridhoan Allah dan kemanfaatan ilmu menjadi prioritas. Janganlah menukar ilmu dengan nilai duniawi yang rendah atau dimanfaatkan untuk kemaksiyatan dan kejahatan.

10.  Menjaga dan memanfaatkan waktu.

a.       Memanfaatkan masa muda untuk selalu menuntut ilmu.

b.      Jangan suka menunda-nunda selagi sempat.

c.       Waktu-waktu luang dan pikiran santai, jangan sampai ada waktu dan fikiran kotor yang terselip.

11.  Kajilah ilmu berulang-ulang, untuk sampai pada tingkat pemahaman, dibutuhkan kemauan mengulang-ulang kajiannya.

12.  Sopan dan milikilah rasa malu.

13.  Bersahabatlah dengan orang saleh.



 Jama’ah Jum’ah rohimakumullah,

            Demikian khutbah ini kami sampaikan semoga ilmu yang kita tekuni dan kita miliki termasuk ilmu yang bermanfaat dan barokah sehingga Allah berkenan mengangkat kita pada derajat yang lebih tinggi menurut Allah. Semoga seluruh ilmu, umur dan ibadah kita dirahmati dan diterima oleh Allah swt.

أَقُوْلُ قَوْلِى هَذَا وَاَسْتَغْفِرُ اللَّه الْعَظِيْمِ وَقُلْ رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَأَنْتَ خَيْرٌ الرَّحِمِيْن.



Khutbah 2

اَلْحَمْدُ للَّه حَمْدًا كَثِيْرًا كَمَا اَمَرَ, اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اللُّه وَحْدَهُ لاَ شَرِ يْكَ لَهُ ارْغَا مًا لِمَنْ جَحَدَ بِهِ وَكَفَرَ, وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ سَيِّدُالْاِنْسِ وَالْبَشَرِ. اللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍا وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ, اَمَّا بَعْدُ : فَيَا اَيُّهَا النَّاسُ, اتَّقُوا اللَّه تَعَا لَى وَذَرُوالْفَوَا حِشَ مَا ظَهَر مِنْهَا وَمَا بَطَنْ, وَحَا فِظُوْا عَلَى الطَّا عَةِ وَ حُضُوْرِ الْجُمْعَةِ وَالْجَمَا عَةِ. وَا عْلَمُوْا اَنَّ اللَّه اَمَرَ كُمْ بِأًمرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ, وَثَنَى بِمَلاَءِكَةِ الْمٌقَّرَ بِيْنَ. فَقَا لَ تَعَالَى : انَّ اللَّه وَمَلاَءِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِىْ يَاَيَّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا, اَللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَىَ نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى وَعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَا بِهِ أَجْمَعِيْنَ.

اللّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤمِنِيْنَ وَالْمُؤمِنَاتِ الْاَ حْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْاَمْوَاتِ إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ, اللّهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا الْغَلاَءَ وَالْوَبَاءَ وَالزِّنَا وَالْمِحَنَ, عَنْ بَلَدِنَا هَذَاخَاصَّةً وَعَنْ سَاءِرِ بِلِاَدِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً. رَبَّنَا اَتِنَافِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الْاَخِرَةِحَسَنَةً وَقِنَا عَذَا بَ النَّارِ.

عَبِادَاللَّه اِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُبِالْعَدْلِ وَالْاِحْسَانِ وَايْتَاءِذِى الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْى يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ فَاذْ كُرُوا اللَّهَ الْعَظِيْمِ وَاشْكُرُوهُ عَلَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ, وَلَذِكْرُ اللَّهِ اَكْبَرُ.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar